Skip to main content

CINTA BENANG KUSUT

PART 1

“ma, muka bapak kaya apa sih? Bapak cakep ga sih ma?? Kan kata orang2 disini, dulu mama mudanya cakep…tapi kata mama bapak gak cakep, kok bisa??” gue nanya ke nyokap dengan seenaknya…gue lagi bgobrol bertigaan sama nyokap n kaka gue…

“bapak tuh ga cakep…yang jelas mama juga ga tau kenapa bisa suka sama bapak”…


“ah, gda foto yang jelasnya sih ma, ada juga Cuma foto close up bapak doang yang di ijazah bapak…padahal kan Maryam pengen tau”…gue sedikit sedih karna gue ga punya memori sama sekali tentang bokap, karna beliau ninggalin kita bertiga pas umur gue masih 15 bulan, masih bayi, men, apa yang bisa gue inget kan…

“ah elo, gue aja yang udah umur 3 tahunan waktu itu masih susah buat nginget tentang bapak, apalagi lo yang waktu itu masih orok” 
kaka gue nyeletus aja…well sekilas tentang kaka gue, dia cakep, dia pinter di akademis, dia baru aja lulus dari SMP dan gue baru aja masuk ke kelas 2 SMP…SMP kita sama, dan gue jadi dikenal banyak orang karna kaka gue, yaaaa dia cukup popular gitu lah dikalangan guru…namanya Megi…tapi gue ga suka saat orang2 di SMP gue ngebandingin gue yang bego sama dia yang pinter itu….

“yaudah lah, yang penting kalian doain bapak aja, kalo bukan anak2nya dan istrinya yang doain dia, siapa lagi kan??...dan pelajaran tuh buat kalian berdua, kalo naik motor tuh ati2..jangan kaya bapak yang bandel make helm tapi ga di kancingin, udah tau lewat jalur yang banyak konteinernya, akhirnya celaka kan” nyokap gue ngingetin gue lagi tentang kronologis kepergian bokap…ah gue jadi sedih kalo inget itu…yang jelas bokap meninggal pas beliau mau beliin baju lebaran buat kita bertiga, beliau lewat jalan cacing yang di Cilincing Jakarta Utara, pas itu, bokap make helm tapi ga dikancingin helmnya, nah pas ketabrak konteiner, beliau mental ke pohon di pinggir jalan, mungkin kalau helm terpasang dengan bener, beliau masih ada harapan, tapi karna engga, beliau jadi keburu kehabisan darah deh pas kepalanya kebentur pohon dan keseret aspal jalanan…

“mama kenapa gak nikah lagi mah??” gue nanya seenaknya serasa gak ada dosa…
“hush, kamu…mama tuh mikirin kamu berdua, mama udah takut duluan liat berita-berita tentang ayah tiri yang merkosa anak2 tirinya…mama Cuma gamau kalian kenapa napa…lagipula, mama gam au selingkuh dari bapak” nah ini dia yang bikin gue salut sama nyokap…saat ini gue udah berumur 14 tahun, yang artinya udah 13 tahun nyokap gue menjanda dan menghidupi gue dan kaka gue SENDIRIAN tapi nyokap kekeh gak mau nikah lagi…kalo gue liat dari matanya pas nyokap kasih alesan sih, kata gue, nyokap gak mau nikah lagi karena nyokap udah terlalu cinta sama bokap, well menurut gue, kisah nyokap gue itu bener2 nunjukin ke gue kalo CINTA SEJATI itu bener2 ada…cinta yang gak padam walau dipisah maut…itu lah nyokap gue…

“maryaaam, maryaaam….klo nginget masa lalu tuh gada abisnya…kamu aja tuh ya, mama ga pernah nyangka kamu bakal dilahirin di dunia ini *parah amat*…habis kaka kamu lahir, mama tuh lagi program KB…nah tiba2 aja tuh mama ngandung kamu, mama juga takut sendiri waktu itu, takut kamu cacat atau gimana, soalnya kamu nongol di perut mama pas mama lagi program KB”…nyokap gue cerita

“haha, Maryam anak yang gak diharepin”…kaka gue ngeledekin gue…tapi gue ga peduli dan tetep menyimak cerita nyokap

“hush, kamu gak boleh gitu Megi !!...nah pas hamil kamu aja tuh ya, padahal mama ngarepinnya anak kedua tuh cowok, soalnya kan yang pertama udah cewe….eh yang keluar malah cewe, mana kamu bayinya nyeremin, kepala kamu itu loh, gede banget kaya anak Hedrosepphalus, mama udah takut aja…tapi untungnya semakin kamu gede, kepala kamu berangsur mengecil tuh, dan makin cantik aja anak mama yang satu ini, yaaa walaupun jadi cewe yang agak gak jelas, tapi tetep cantik kok”

Iddddiiiih nyokap gue ngeledek nya sadis, men…gue emang agak gak jelas sih, jadi cewe slengean banget, gak kaya kaka gue yang rada peduli sama penampilannya *sedikit*…dari selera aja kita berdua tuh bagaikan kutub utara dan selatan..dia suka barang2 yang Girly, nah gue?? Nooo !!! anti gue sama barang2 yang girly gitu….

*kriiiiing…. Kriiiiiing*
“duhhh suara berisik apa sih?” gue ngucek2 mata, gue nyari2 sumber bunyi itu, ternyata dari HP gue, pas gue liat HP gue, ternyata ini udah jam 5.30 AM…
“sial, gue telat !!”
Yah, gue kesiangan…berhubung gue masuk sekolah jam 6.30 jadi at least gue bangun pagi paling telat ya jam 5 pagi…dna ini? Huh gue telat !!

Gue coba inget2 lagi, perasaan tadi gue lagi ngobrol bertiga deh, tpi kenapa ini gue tiba2 di atas kasur?? Ah ternyata gue mimpi… 

Mimpi itu bikin gue bengong sebentar, flash back tentang kehidupan gue bertiga….semenjak bokap meninggal, kita bertiga pindah dari Klender Jakarta Timur ke Jogja, gue dan kaka gue dibiayain sama Padhe gue disana, Padhe gue itu kakanya bokap, dan nyokap juga kerja sama Padhe…gak lama, pas gue kelas 4 SD gue bertiga pindah lagi ke Jakarta Utara buat tinggal di rumah Padhe yang lainnya lagi…nah dulu itu, pas muda nya nyokap pernah tinggal di Jakarta Utara sini, satu gang sama rumah Padhe gue yang sekarang kita tumpangin ini *untuk sementara hidup gue emang masih kaya benalu, masih numpang sama orang*, dan dulunya pas masih sekolah, bokap juga dibiayain sama Padhe gue ini *yang merupakan kakanya bokap juga* karnap pas bokap masih kecil, ortu bokap udah meninggal, jadi berhubung bokap anak bontot, jadi dibiayain sama kakanya deh…*kok serasa turun menurun gini ya ceritanya*

Gue langsung buru2 selesain bengong gue…gue langsung buru2 solat subuh *untungnya langit belom terlalu terang, jadi gue masih sempet solat subuh deh*, abis solat subuh, mandi, pake baju, sarapan, dan berangkat sekolah deh….

Ah, masa-masa SMP gue datar2 aja…gue sekolah di SMP N 129, gue Cuma salah satu diantara anak2 cupu di sekolah gue…sebenernya klo gue mau, gue bisa sok ngeksis dan sibuk biar bisa popular, tpai gue udah males duluan,..karna gue dah keburu banyak yang kenal gara2 nama KAKAK gue…gue ga suka !! gue lebih baik jadi pasif daripada jadi eksis, tapi wlaupun eksisnya gue itu berkat usaha gue sendiri, tetep aja gue dibayang2ngin nama kaka gue….Yaaaah kaya cewe yang lain, gue merasakan masa-masa cinta monyet disitu. 

Disinilah gue, di bangku sekolah ini, gue sekarang udah kelas 2 SMP tapi semuanya masih DATAR2 ajaaa…

*di kelas, gue lagi duduk*
Pas gue lagi bengong, gue liat ada cowok jalan masuk kelas, dengan gayanya yang cuek tapi bikin geregetan itu, gue jadi ngeliatin dia terus…dia itu tinggi, kurus tapi badannya sedikit berbidang, kayanya siih dia suka olahraga deh *kayanya*, mukanya gak ganteng, tapi manis, kulitnya juga item, gak putih…hmm…lumayan menarik….nah, pas gue liat2, dia baru masuk kelas aja udah banyak yang ngajakin ngobrol, cewe2 pula…ternyata dia itu anak yang selama ini banyak digosipin cewe2 angkatan gue, dia popular, men….banyak yang nyebut dia itu cowo idaman buat angkatan gue, karna banyak yang suka…namanya Paul…dalem hati gue nyerocos
“hah, kaya gini banyak yang suka?? Kok bisa sih?? Apa gantengnya coba?? Manis doang ah…gak ada lebihnya lagi”….gue sok jual mahal dalem hati…

Nah hari2 berikutnya gue coba cari2 temen deh..gue capek jadi anak cupu nan pendiem, akhirnya gue nemuin temen2 gokil gue….awalnya gue kenal mereka karna kita sama2 fans sama boyband WESTLIFE…

“eh, lo suka WESTLIFE juga??”…gue nanya ke Ajeng
“iaaa dong, gue suka sama Mark Feehily…lo sama siapa??” dia nanya ke gue
“gue suka sama Brian Mc.Fadden”….gue jawab, dan gue nanya lagi ke anak di sebelah gue, namanya Cindy… “lo suka sama siapa, Cin??”
“gue suka sama akang Shane Fillan…hehe”…jawab Cindy…dan ikutlah yang lainnya nyerocos bareng kita
“gue suka sama Kian Egaaaaaann…” teriak Desty
“ah, yang the best itu pacar gue, mass Nicky Byrne” celoteh Hane…

Itulah awal kedekatan kita…awalnya kita ngobrol berlima…lama kelamaan ikut nimbrung anak2 laen, mereka Adies, Fajar, May, Sanra, Winda, Silvi, Deni dan Paul….nah kita semua akhirnya deket deh, sahabatan…kita berlima para penggemar WESLIFE namain diri kita sebagai EASTLIFE..dan itu kita anggep sebagai nama anggota genk kita *yang sebenernya waktu itu masih gak jelas anggota genk siapa aja*

Hari demi hari berlalu, sekarang saatnya gue liburan…pulang kampung dehhh…
*malem takbiran*
Gue lagi nonton TV, acara OVJ, gue lagi bad mood gila saat itu, padahal itu lagi malem lebaran tahun 2007, dan yaaa suara di sekitar penuh dengan gema takbir…tapi gue malah di sini, di ruang TV rumah Bibi gue *adenya nyokap* nonton TV tanpa peduli dengan takbiran…di sebelah gue duduklah kaka gue yang lagi asik minum kopi anget bikinan gue…tiba2 ada suara gaib nongol..*eh suara orang beneran deh*

“Maryam, nyetel TVnya kenceng amat suaranya…”
Piker gue siapa tuh orang rese amat banyak koment?..terserah gue dong mau nonton TV atau mau apa…toh paling dia juga Cuma temen sepupu gue yang lagi maen, songong amat SKSD trus komen2 gitu…

Gue nengok kebelakang dengan muka jutek, pas nengok…seeeeeh gue diem pas liat mukanya…dia berdiri di sana, di depan pintu Ruang TV, dia pake kaos warna item, dengan celana levis pendek…dia senyum sama gue, dan gue Cuma DIEM !! subhanallah !! cakep !! itu yang ada di otak gue…dia itu putih dan tinggi, badannya sedikit bidang, cakep deh…*gak banget sih, tapi diantara cowok2 kampung disini, dia yang paling mendingan* …okeh *jleb* gue ga bisa ngomong apa2, dan gue Cuma bisa senyum dan berbalik badan lagi nonton acara TV tadi…

Semaleman itu, dia duduk di ruang sebelah ruang TV, yaitu di ruang tamu…dia ngobrol sama bibi gue, dan posisinya itu, kalo gue mau keluar ke mushola di tempat orang2 yang lagi pada rame bakar petasan dan takbiran, dari ruang TV gue bakal ngelewatin dulu ruang tamu yang ada si DIA lagi duduk…alhasil, gue jadi salting…gue iseng2 aja bolak balik lewatin tuh ruang tamu demi liat dia terus…oh gosh, dia siapa?? Gue baru tau kalo ada anak cowo kampung gue ini yang mukanya agak gantengan dikit…selama ini kayanya gue ga pernah liat dia deh…

Liburan gue gak lama…gue pun harus balik ke sekolah tanpa ada satu pun kenangan yang gue dapet sama orang itu selama gue liburan di kampung…gue pun cerita ke sahabat2 gue…
“siapa namanya, emang?” Cindy nanya ke gue
“gue gatau, tapi pas gue Tanya ke kaka gue, kata dia kayanya sih dia itu namanya Agus, nah Agus itu keponakannya bibi gue, anak dari adeknya paman gue”…gue jawab
“ah, ngebingungin lo…brarti walaupun udah keitung sodara jauh, tapi lo masih ada hubungan sodara dong sama dia??” tanya si Ajeng….
“ia juga ya?? Haduh…suram nih…padahal gue suka banget sama tuh orang….lebaran tahun depan gue bisa ngobrol sama dia gak yaaa??” gue jadi merasa suram gitu tau dia masih terhitung sodara gue….
“ya elah…sebenernya yang kemaren mah lo udah bisa aja ngobrol sama dia..tapi lo nya aja yang bego, bisanya malah salting kalo suka sama cowok”…celetuk si Ajeng..
“ah, kaya si Maryam mah itu bukan suka lagi, jeng…tapi si Agus itu FIRST LOVEnya si Maryam..” si Cindy tiba2 ngomong tegas gitu sambil naro tatapan mata sinis nan ngeledek ke gue…
“hah, first love?? Masa sih?? Tapi kenapa mesti ke dia?? Ah gue aja bisa ketemu dia Cuma 1 tahun sekali”…gue makin suram aja deh…

*****
gue jadi menggila akan si first love itu..atas usul si Cindy, gue nekad make no Cindy yang dah gak ke pake buat cari tau no HP si first love gue itu, caranya, gue sms sepupu gue, gue ga ngasih tau identitas gue, yang jelas gue maksa dia buat ngasih no HP si Agus ke gue *sepupu gue ini cowo dan deket sama si Agus*…dia sih gak ngasih, eh tau2nya malah si Agus yang nelpon gue nanyain gue siapa nyariin dia…

Nah disini yang bego banget…gue nyamar jadi cewe gaje, cewe kecentilan…intinya gue sms dan telpon dia Cuma buat bilang gue suka sama dia…UDAH…dah gue ngerasa tenang….setelah itu, gue dah gak contact si Agus lagi dengan nama samaran gue itu…

Tapi beberapa hari kemudian si Agus malah sms ke nomer asli gue…
“ini Maryam kan?? Ini aku mas Agus, sodara kamu yang di kampung,, tau gak??”…dia sms gue…waw, kalo tau dia bakal sms gue gini mah gue ga usah kali yaa pake pura2 jadi cewe gaje buat dapetin nomer dia…
Dan seterusnya dia sering telpon plus sms gue, speak nya sih buat komunikasi sesama keluarga gitu dehh, tapi bukannya GR atau apa, gue nangkepnya malah dia kaya PDKT ke gue…LAH??

Tapi kisah gue sama dia berenti sampe disitu aja sih, gue ga lanjut lagi ngarepin dia, karna bagaimana pun ga pantes kalo gue deket sama dia…ribet deh…apa kata keluarga besar gue dan dia kalo tau gue deket sama dia?? Secara image gue di keluarga besar aja tuh, gue ga deket sama sodara cowo gue, gue tuh pendiem…dan kalo ketauan gue smsan dan telponan sama dia?? Mau dibilang apa gue?? Pasti ketauan kalo gue ada affair sama dia…

Comments

Popular posts from this blog

My University Life Story; Sophomore Year

Have I told you how severe my condition when I started my freshman year?? Have I told you that with that small amount of money, it was only enough for me to pay for the transportation (the long and tiring one) and a small pack of an ice tea?? YES it was only enough for that, daily. Every single day, I had to bring my own lunch box and a tumblr full of water from home... That added my heavy bag full with books already. No wonder I was always so small no matter how much I ate. lol :) Before you continue reading this article of my sophomore year in university, I strongly suggest you to read my freshman year story first, here: "Oktafia's Freshman Story" . So, let's now continue the story :)

My University Life Story; Junior Year

I remember that night as I just finished my class and I was on my way back home. It was a usual tiring day as I was walking down the bus’ shelter, crossing the super long bridge to take another bus route, it was so tiring both physically and mentally. I opened up my phone and looked up for the result of my latest test for the student exchange program to Beijing, only to find out I failed. All over again. I could not hold back my tears as I cried on my way to the bus, in that public space. In a flash, all the memories of failures came across my head. I remember back in high school, I held no money more than transportation fee as usual. But I braced myself with a friend to go miles away to the southern part of Jakarta, back and forth so many times after school and went back home late, for the student exchange program tests. These 2 kids of 14 years old running under the rain in the middle of the night, miles away from home, to get to the bus, only to try many times for the student e

Contoh Essay dalam B.inggris

seperti di postingan gue sebelumnya, gue pernah share tentang tips2 nulis beasiswa biar tembus buat univ2 dalam negri... and there you gooo... berikut ini adalah 2 essay gue yg tembus di universitas paramadina... *jadi beasiswa universitas paramadia itu ada 2 tahap, tahap pertama seleksi essay dari 1000 peserta seluruh indonesia, akan dipilih 150 essay/peserta untuk ikut tahap kedua yaitu tahap interview...dan berikut adalah kedua essay gue yg bikin gue lolos tahap interview beasiswa paramadia *pengumumannya sih belom, doain ja yaa* oia essay yang gue tulis dua duanya pake bahasa inggris *walaupun gak diwajibin dari pihak univ* tapi pake bahasa asing itu jadi nilai plus