Skip to main content

CINTA BENANG KUSUT

PART XI

“kita ke rumah sakit ya mar, gue takut kalo kondisi lo memburuk” si fita ngebujuk gue..well, kemarin david yang nangkep gue pas gue pingsan, dan dia ngebawa gue ke rumah fita, dia saat itu gak megang uang banyak jadi gak bisa ngebawa gue ke rumah sakit..malemnya gue sadar dan mereka berdua ngebujuk gue buat ke rumah sakit, tapi gue nolak, gue milih untuk stay di rumah fita aja sampe 2 hari kedepan dan gue menyusun alasan ke orang tua gue dengan bilang kalo gue nginep di rumah si fita, beruntung nyokap udah kenal fita dan ngijinin gue…malem itu juga, setelah gue sadar, david langsung pulang…

“gak, ga usah fit, gue gakpapa kok…mungkin Cuma karena kemaren gue minum kopi kebanyakan…oia makasih yaa gue boleh nginjinin gue nginep disini sampe besok”…gue gamau dibawa ke rumah sakit sama si fita, gue gamau dia tau keadaan gue yang sebenarnya…




“ia gpapa…tapi gue heran deh,si denis itu---
“assalamualaikum” omongan fita tiba2 kepotong tiba2 ada yang masuk, itu si David…David dateng…
“waalaikum salam, pagi banget lo datengnya vid” fita jawab…
“ia, ga boleh nih?? Hehe” David lagsung duduk di hadapan gue dan fita…
Fita duduk di samping gue, dan David di depan kita…dan mulailah perbincangan kita hari ini…
“mar, emang lo sakit apa sih sampe mimisan parah gitu?? Kemaren pas lo pingsan itu darah dari idung lo banyak banget, badan lo juga dingin banget” David nanya ke gue…haduh gue bingung mesti jawab apa
“hmm…ya kaya yang lo tau, gue Cuma infeksi lambung biasa, itu juga gara2 magh gue yang udah parah..kalo soal mimisan gue gatau kenapa, itu juga baru pertama kalinya” jelas2 gue bohong ke mereka…
“ia, mana si maryam ngeyel lagi gamau check up ke rumah sakit” si fita ngadu ke David…
“udahlah gue juga gapapa, mungkin itu Cuma karna gue lagi depresi aja…dibawa istirahat juga nanti mendingan…bener deh” gue berusaha ngeyakinin mereka….
“yaudah trus soal denis lo maunya gmana?? Gue tau mar, dia tuh sebenernya ga bisa pisah sama lo, asal lo tau, kemaren pas lo mutusin dia dia tuh langsung sakit….seorang denis, secapek apapun dia, badannya kebal mar, ga bakal sakit…tapi ini?? Lo berdua tuh emang gak diizinin Tuhan buat pisah..percaya deh” si David kayanya yakin banget sama ucapannya, dan gue berharap itu bener…
“gue gatau mesti gemana vid..gue Cuma mau kejelasan, kalaupun emang udah ga cocok dan harus bubar, ya gue terima, asalkan ada kejelasan…dia tuh ngegantungin gue terutama setelah dia ngajak balikan via tlp tapi gue kasih syarat ke dia klo dia harus ngajak gue balikan secara langsung, eh semenjak itu dia malah ga jelas…” gue bingung banget mesti gemana lagi…jujur kejadian ini ngebuktiin banget kalo gue ga bisa lepas dari denis, tapi ya mau gemana lagi…
“eh, coba gue telfon anaknya deh yaa…dari tadi sih dia smsan sama gue, kayanya dia lagi gak ada kerjaan deh di tempat psg nya…gue tlp, gue loadspeaker tpi lo pada jangan berisik yaa” si David ngasih ide ke gue..
“ia, ia…cepetan..oia lo coba ajak dia ketemuan aja besok, speak nya minta temenin ke mana kek gitu, nah nanti disana pura2nya tiba2 lo ketemu gue sama fita, baru deh gue ngomong ke denis..oke?” gue semangat banget…
“eh ia, ide konyol tapi bagus tuh” si fita setuju sama ide gue…
“yaudah iaa, ni gue telfon anaknya” kata si David…

David pun langsung nelfon si Denis…gak lama kita nunggu akhirnya di angkat juga…gue dan fita pun berusaha untuk gak ngeluarin suara sedikitpun…

“halo vid, ada apa??” si denis ngangkat dengan suara jutek banget
David : “lagi gak ada kerjaan lu, bro di tempat PSG?? Tumben”
Denis : “PSG gue lagi libur, besok senen baru masuk, walaupun masih jadwal liburan anak sekolah..kenapa??” *to the point banget*
David : “jadi gini den…hm, aduh gue malu nih…gue ada kenalan cewe nah besok gue mau ketemuan, temenin gue yuk”
*haduh rasanya gue pengen ketawa denger alesan si david, konyol banget*
Denis : “besok? Dimana??”
David : *david ketauan agak mikir lama, dia nengok ke gue nanyain kemananya tanpa ngeluarin suara…dan gue ngasih tau dia untuk bilang aja ketemuan di Kota Tua tanpa ngeluarin suara, ya layaknya orang gagu lah…* “di kota tua den…dia minta ketemuan disitu”

Setelah david ngasih tau itu, si denis diem agak lama…trus kedengeran dia narik nafas dalem banget, dan ini yang bikin gue shock
Denis : “please vid, gak usah ikut campur urusan gue sama Maryam..gue tau rencana lo”
Haduh, tuh anak kok bisa baca pikiran gue ya…ah mungkin gue juga yang salah setting tempatnya disitu, itukan tempat first date kita dan baru juga kemaren gue punya kasus sama dia di tempat itu
David : “apaan sih, ini beneran yee…yaudahlah klo lo gamau…emang lo sama Maryam kenapa deh??”
Denis : “duh, udah deh vid…nih ya, gue tuh sayang sama dia, gue juga gak mau pisah sama dia, tapi disisi lain gue juga udah gak tahan sama dia…semua pengorbanan gue gak dianggep sama dia, semua yang gue lakuin masih aja kurang, yang gue butuhin Cuma pengertian dia, pengertian kalo gue emang gak bisa di contactin dia tertus…tapi apa?? Semua yang gue lakuin selalu salah dimata dia, ini itu salah, gue capek…coba dia inget gak waktu dia jatoh dari motor sama nyokapnya, besoknya gue bela2in langsung ke rumah dia kan malem2 itu juga masih make seragam sekolah, lo tau kan jarak sekolah kita ke rumah dia tuh jauhnya kaya apa..apa dia inget itu?? Apa dia inget gue rela pergi jauh2 Cuma demi ketemu dia 1 jam…Cuma demi itu…trus coba dia inget gak yang waktu gue sampe berantem sama si Wisnu karena dia?? Lo tau vid gue tipe orang yg paling ogah ribut sama cowok Cuma karena masalah cewe, itu pertama kalinya…gue capek vid, itu kenapa dari kemaren dia ngehubungin gue sengaja gue cuekin, gue udah ga kuat sama dia, tapi gue ga tega mau mutusin, jadi gue berusaha bikin dia kesel dan biar dia yang mutusin gue..udah ah males gue, gue sibuk, banyak urusan, mesti ngurusin sekolah dan psg sekaligus, mending gue mikirin itu daripada mikirin hal beginian”
*nyesssss…gue nunduk pas ngedenger itu, tiba2 air mata gue netes, untungnya karena gue nunduk jadi si fita dan David gak ngeliat gue nangis, dan buru2 gue apus deh air mate gue itu*
David : “tapi den---“
Denis : “udah ah vid, males gue” belom selesai si David ngomong, si denis udah motong omongannya David dan nutup telfonnya…

“so, how’s now??” si david nanya ke gue….
“gue gatau, gue ngerasa bersalah banget, selama ini gue ngerasa dia yang salah, padahal ternyataaa…gue bodoh, gue jahat sama dia, gue ga pernah inget semua perjuangan dia…gue bodoh” gue nyoba sekuat tenaga buat nahan air mata gue….
“yaudah yah mar, ga usah disesali, yang penting sekarang lo jangan pernah nyalahin dia lagi yaaa” fita nyoba nenangin dia
“trus sekarang gemanaaaaa??” gue nanya ke mereka
“besok kita ke rumahnya mar…pagi2 banget, oke?” David ngasih gue jalan keluar
“kerumah denis?? Serius vid?? Gak ada jalan lain??” gue masih ragu sama usulan itu..
“yaudah mar lo kerumahnya aja selesein semuanya biar tenang, biar nanti pas masuk sekolah lagi lo udah tenang bagemanapun jadinya lo sama denis nanti..oia kalo besok paginya lo ke rumah denis, siangnya temenin gue yuk nyari sepatu ke ITC…dan soal baju tenang aja lo pake punya gue dulu sampe besok, gapapa” si fita nenangin gue…

Gosh gue gatau apa jadinya gue tanpa sosok sahabat seperti mereka…mereka terlalu baik buat gue, dan gue tau merekalah hadiah terindah dikehidupan gue di dunia yang singkat ini…

*****
*Kamis, 30 Juni 2011*
Disinilah gue sekarang, duduk di bangku depan rumah Denis…gue sama denis duduk sebelahan, sedangkan si David duduk di depan kita berdua…gue berusaha untuk memulai omongan ke Denis duluan, gue Tanya ke dia maunya bagemana, tapi sial dia Cuma diem..dia gak jawab apa apa…oh god, gue gatau mesti gemana ngadepin anak ini…yang ada, kita bertiga disini bertingkah laku bodoh, gue ngobrol sama David, dan Denis juga ngobrol sama David, gak ada keinginan dari Denis buat selesein masalah kita berdua…jujur disini gantian gue yang capek, gue udah bela belain kesini untuk dia, untuk kita, daritadi gue nanyain dia tapi gak ada respon..okelah kalo ini yang dia pengen, gue lebih milih diem, sekarang bukan saatnya lagi gue yang ngomong terus, sekarang harus gentian Denis yang ngomong…gue capek…kita bertiga terus2an bertingkah bodoh kaya gini sampe akhirnya David ngomong ke Denis

“nis, udahlah lo berdua selesein masalah lo berdua…ah lagian lo juga sih Denis, dah punya cewe kaya Maryam, bego lo kalo disia siain” si David tiba-tiba ngomel begitu ke si Denis, dalem hati gue Cuma bisa ketawa ngedenger itu, gatau kenapa gue jadi kesel sama si Denis, dan gue setuju sama omongan si David *yaiyalah siapa juga yang gak setuju dibelain* haha….

“yaudah lah vid, udah siang juga udah jam 11 dan si Fita dah nungguin gue, gue kan janji mau nemenin dia ke mall hari ini…disini juga gak ada hasil” well, gue udah nyampe rumah Denis dari jam 9 pagi, dan sampe sekarang Denis masih belom ngasih gue kejelasan…tapi gue sedikit kaget, tiba-tiba si Denis ngomong dengan nada datar dan cueknya itu, dia ngomong ke gue tapi pandangannya kosong ke depan dia…
“jangan disini kalo mau ngomongin hal itu, kita pergi aja ke tempat janjian lo sama si Fita, David lo duluan aja naek motor, biar Maryam sama gue naek angkutan umum, motor gue lagi gak ada soalnya”
Pergi sama Denis ke ITC naek angkutan umum?? Men, itu jauh dari rumahnya ini…dan dengan kondisi kaya gini, mau ngomong apa gue nanti sepanjang jalan? Pasti kita berdua bakal diem2an aja…tapi gue ga punya pilihan lain, karna ini satu2nya jalan biar gue bisa nyelesein semua masalah gue sama Denis…

Siang itu sekitar jam 12 akhirnya kita bertiga pergi…gue ngehubungin Fita dan minta dia berangkat ke ITCnya sendiri dan nanti bakal ketemu gue disana…akhirnya David pun pergi duluan ninggalin gue sama Denis…men, sepanjang jalan gue Cuma diem, gue dan Denis gak ngomong sepatah katapun…

Pertama tujuan kita itu terminal terdekat, yaitu terminal PuloGadung…sepanjang perjalanan gue sengaja make topi, karna gue gamau ngeliat muka Denis setiap kali gue negakin muka gue, jujur gue BT banget sama Denis sekarang….pas mobil angkot yang kita naikin berhenti di terminal, itu lagi hujan dan deres banget…dari tempat pemberhentian itu kita mesti jalan dulu untuk sampe ke halte busway…
“yahhh ujan lagi…mesti turun nih” gue ngoceh sendiri sambil ragu2 mau turun dari angkot karna itu deres banget ujannya…untungnya gue pake jaket dan topi jadi sedikit terlindungi…Denis?? Ah gue gak peduli sama anak itu, dia juga pake jaket pasti gapapa ujan2 ke halte busway…
“kita lari aja mar ke haltenya” denis tiba2 ngomong ke gue, tapi gue cuekin…
Pas gue turun dari angkot itu, gue gak lari tapi Cuma jalan cepet, bukan karena kesel sama Denis, tapi karna dilain sisi gue ngerasa badan gue udah mulai lemes, gue baru inget kalo dari pagi gue belom makan...gue gatau kenapa tapi mungkin si Denis kesel sama gue, dia tadinya udah agak sedikit lari di depan gue, tapi dia mundur sedikit lagi dan dia narik tangan gue, dia narik badan gue biar berdampingan deket sama dia dan dia ngajak gue lari…men, moment ini so sweet banget, andaikan gue sama dia gak berdiri sebagai “orang asing” gue pasti bahagia banget…kita berdua lari2an di bawah hujan deras, nah pas di tengah jalan ada anak cowo kecil nyamperin kita, dia nyewain ojek payung, dengan cepet si Denis langsung narik payung itu dan mayungin kita berdua, dan dia makin narik badan gue lebih deket sama dia karna dia gamau gue kehujanan…kita lari2an di bawah hujan deres banget, sambil payungan berduaan, what could’ve been sweeter tan that?? God, seems like i wanna stay like this forever…

*****
Gue gatau mesti terima kasih gemana sama Fita dan David…mereka nyusun skenario yang basi tapi lucu pas kita terapin..di food court ini gue duduk makan sama Denis di samping gue, Fita sama David pura2 di depan Denis, mereka bilang mereka milih makan di tempat lain pas gue sama Denis dah terlanjur mesen makan di tempat yang kita dudukin ini…dan disinilah gue, makan dengan canggungnya di samping Denis karena gue gatau apa yang bakal gue omongin ke dia kali ini…

“kok diem mar, kemaren aja di surat yang kamu kirim ke aku, kamu bisa ngoceh banyak banget sampe 1 lembar gitu suratnya penuh sama tulisan kamu…kok sekarang diem??” si Denis ngajak gue ngomong karena dari tadi gue Cuma diem…well, kemaren gue ngirim surat cinta ke dia *seperti biasanya* tapi kali ini isinya panjang banget. Isinya semua permintaan maaf gue..
“gausah ngeledek, kamu tau aku lebih lancar nuangin semua ide dan pikiran aku lewat tulisan daripada ucapan…lagian aku dah ungkapin semuanya ke kamu lewat surat itu, aku tau kamu baca tapi kamu nyuekin itu kan?? Yaudah sekarang mau kamu apa??” gue udah gatau mau ngomong apa ke dia karna gue udah ungkapin semuanya kemaren lewat surat yang gue kirim ke dia tempo hari…
“kalo aku minta kita udahan gemana??” JLEBB !! gue yang pas ngedenger omongan itu tadinya lagi minum jadi berenti…ga nyadar air mata gue keluar satu tetes, beruntung gue make topi jadi denis ga ngeliat, gue langsung nunduk dan berusaha buat ngatur emosi..
“udahan?? Tetep bakal begitu padahal aku dah bilang aku bakal berubah dan aku juga udah minta maaf kan ke kamu??” kita berdua ngobrol tapi ga saling tatapan, gue Cuma nunduk dan sok sibuk makan sambil ngomong sama dia, gue ga bisa natap si Denis walaupun setiap kali ngomong, si Denis ngeliatin gue…
“emang kamu kira aku juga mau gitu udahan sama kamu??” si Denis mulai ngomong serius dan ngeliatin gue dengan dalem banget, keliatan kalo dia secara gak langsung nyuruh gue buat ngeliatin dia
“trus??” Cuma itu yang bisa gue jawab..gue nervous dia ngeliatin gue gitu…dan dia tiba2 berenti makan dan gue tau dia mulai serius banget..
“sekarang gini mar, yang nyudahin ini duluan siapa?? Yang ngelanggar janji kita berdua siapa?? Kamu kan…apa aku bilang dulu?? Benerkan apa yang aku takutin dulu, kamu bakal ninggalin aku…aku pengen denger kamu ngomong sayang ke aku secara langsung, gak pernah kan mar?? Aku tau kamu sering nulis itu buat aku, udah banyak banget surat cinta kamu buat aku, tapi aku pengen denger secara langsung mar” mulailah si Denis ngeluluhin gue seperti keahlian biasanya
“kamu juga ga pernah ngomong secara langsung kan?? Cuma lewat telfon….yaaaa walaupun sering sih dan aku baru berapa kali...hmmmm *gue narik nafas panjang, gatau kenapa gue nervous banget* aku sayang kamu Denis Sebastian” gugup banget gue pas ngomong itu
“apa yang kamu pengen dari aku?? Kaya yang kamu tulis kemarin, apa mar?? Aku pengen denger coba..kalo kamu gak mau ngucapinnya berarti kamu gak sungguh2” dia narik tangan gue, dia maksa gue buat menghadap ke dia, dan gue ga punya pilihan lain…
“aku Cuma pengen kamu ada di samping aku sampe kapanpun…kaya yang kemarin aku tulis, aku ga bisa tanpa kamu den..kita udah liat, aku ancur tanpa kamu…dan yang terpenting, aku harap janji kamu buat ngerubah nama belakang aku suatu hari nanti itu bakal kamu penuhin, udah…” gue ga nyangka gue bisa ngomong langsung ke dia akan hal itu, walaupun gue ngomongnya masih nunduk…masih gak berani natap matanya..sedangkan dia menghadap lurus ke gue, mencoba natap gue yang terus menerus nundukin kepala gue…
“Maryam Carolina, kamu denger yaa…nih, kamu denger yaa, aku gamau liat kamu sedih2an kaya kemaren lagi, aku gamau liat kamu nyakitin diri kamu lagi…gamau mar…aku mau kamu jadi ceria kaya dulu, aku gamau liat kamu sedih karna aku sayang kamu…aku gamau liat kamu ancur…aku sadar kekesalan aku kemarin, emosi aku kemarin, itu juga karna aku yang ga peduli ke kamu, karna aku nyuekin kamu, kamu dah perhatian dan baik banget sama aku tapi aku malah ga bisa ngasih perhatian ke kamu, aku minta maaf banget…aku sayang kamu mar, selalu”…rasanya gue pengen nangis ngedenger ucapan si Denis itu
“aku juga ga bakal ancur kalo kamu ga ninggalin aku kaya gini den…oia tadi kamu bilang apa?? Coba dong ulang lagi bilang kamu sayang akunya tapi sambil liat mata aku biar aku tau kamu bohong apa enggak” gue tiba2 jadi iseng ngegodain dia, dan dia senyum nahan ketawa ngedenger permintaan gue, dan akhirnya hal yang dari dulu gue nanti datang juga, dia ngutarain perasaannya sambil natap dalam mata gue, dan gue bisa liat dari matanya, dia gak bohong dan gak gombal…
“aku sayang sama kamu Maryam Sebastian…kita balikan ya??”
“ah, lakuin syarat dari aku dong, tembak aku yang bener secara langsung…masa kamu tega sih aku dah jauh2 ke rumah kamu tapi kamu gamau lakuin itu doang” gue minta Denis untuk lakuin syarat dari gue itu
Denis keliatan siap2, dia ngebenerin posisi duduknya, dan masih natap gue dengan tajam…dan kali ini gue ngeberaniin diri untuk natap matanya yang tatapannya selalu bikin gue breathless itu…
“mar, aku sayang sama kamu…aku gamau kita pisah, and be mine again??”
“hhmmmm…. *gue sok2an mikir* yess” gue senyum lebar ke dia

******
Tepat satu minggu berikutnya, tepatnya pas hari kamis, 7 juli 2011 gue, denis, david, dan fita pergi ke puncak bareng2..terjadilah hal yang gak akan pernah gue lupain…kita pergi ke suatu gunung yang indah banget, disana ada air terjun, dan yang namanya anak muda, terutama yang lagi dimabuk kasmaran alias clbk, kita foto2 disitu…gue dan denis foto berdua, di samping air terjun ada batu besar yang muat buat kita berdua duduk, gue dan denis duduk disitu bersiap untuk difoto, berhubung gue sama denis itu pasangan pacaran tapi gak pernah bersentuhan satu sama lain *dalam arti pegangan tangan aja gak pernah* gue kira pas foto ya Cuma biasa aja, kita duduk sebelahan disitu dan difoto, as that simple…tapi gue kaget, pas fita yang ngambil foto ngasih aba2 itungan ke tiga pas difoto tiba2 tangan kanan denis ngerangkul bahu gue…men, fita ketawa ngeliatnya, dia tau gue gemana, ekspresi muka gue jadi aneh pas difoto itu…dan pas kejadian ini, langsung lah terngiang lagu taylor swift di otak gue

“do you remember we were sitting there by the water? You put your arms around me for the first time…you made a rebel of a careless man’s carefull daughter, you are the best thing that’s ever been mine” yupp persis seperti itu…

Liburan kali ini gak bakal gue lupain…gak bakal lupa saat gue ngeliat si Denis ngukir nama kita berdua di pohon, dia nulis “Denis love Maryam” sambil bilang ke gue “cinta kita bakal abadi selayaknya nama kita terukir di pohon ini” begitu kata dia…dan saat perjalanan pulang di bis, mungkin ini pertama kalinya gue setuju sama pepatah yang bilang “saat orang jatuh cinta, dunia rasanya milik berdua, yang lainnya ngontrak” yupp, bener banget…pas itu gue duduk di bis berdua sama Denis, kita dalam perjalanan pulang pas udah malem, dan gak bohong, malem2 di puncak itu dingin…gue tidur sepanjang jalan dan gue tidur di sandarannya denis, di bahunya…dan saat gue ngerasa kedinginan, denis yang duduk di kanan gue langsung narik tangan gue dan nutupin telapak tangan gue yang kecil dan dingin ini sama telapak tangannya yang besar dan hangat…oh god, I fall more in love with this one…
*****




DEAR YOU

Dear you...
is it all that you thought it would be??
cause baby, i never knew that this is the kind of a guy you are...
well maybe it's me who's over thinking at everything..
but do you know it's because i love you so?
you should've known...

Dear you...
do you know that this is just like this feeling's getting deep everytime i try not to think about it?
try not to think about you...

Dear you..
do you feel the same way??
cause i don't think so...

Dear you...
everytime you're being like this, you remind me with my last mistake...
how that time i made you angry and so did you...
but you know what??
it all would never ever happen if just you could try to understand another person asside you,
try to understand me...

Dear you...
you don't need to feel like you do something wrong...
cause no, you're not doing anything wrong now...
cause i know that you don't feel it so, right??
i understand that this is the way who you really are..
and i understand that nothing's wrong with it...

Dear you..
do you ever try to ask another girl?
ask them what they would do if they were me...
if just you do that, you would see how they would say the same way...
they can't stick with this shit..
but don't worry, they are not me...
i'll stick here, no matter what...

Dear you...
you don't need to think anything about this...
i just hope someday you could at least, once try to understand me...
try to think if you were me...
all that i ever want is just that...please just understand me, understand wbout how i feel with this...
cause we both don't want the same mistake come again, i know it... 

Dear you...
please just remember...
i love you so, and i can't stay mad at you for anything, that's why i'll always try to understand you, even if i have to understand in the times when you get bored with "us"..

Dear you...
please remember that i love you so..
please remember i need you...
please remember me...
please remember December :)

Posted on facebook by Maryam Carolina on Sunday, July 24, 2011 at 10:50pm

Comments

Popular posts from this blog

My University Life Story; Sophomore Year

Have I told you how severe my condition when I started my freshman year?? Have I told you that with that small amount of money, it was only enough for me to pay for the transportation (the long and tiring one) and a small pack of an ice tea?? YES it was only enough for that, daily. Every single day, I had to bring my own lunch box and a tumblr full of water from home... That added my heavy bag full with books already. No wonder I was always so small no matter how much I ate. lol :) Before you continue reading this article of my sophomore year in university, I strongly suggest you to read my freshman year story first, here: "Oktafia's Freshman Story" . So, let's now continue the story :)

My University Life Story; Junior Year

I remember that night as I just finished my class and I was on my way back home. It was a usual tiring day as I was walking down the bus’ shelter, crossing the super long bridge to take another bus route, it was so tiring both physically and mentally. I opened up my phone and looked up for the result of my latest test for the student exchange program to Beijing, only to find out I failed. All over again. I could not hold back my tears as I cried on my way to the bus, in that public space. In a flash, all the memories of failures came across my head. I remember back in high school, I held no money more than transportation fee as usual. But I braced myself with a friend to go miles away to the southern part of Jakarta, back and forth so many times after school and went back home late, for the student exchange program tests. These 2 kids of 14 years old running under the rain in the middle of the night, miles away from home, to get to the bus, only to try many times for the student e

Contoh Essay dalam B.inggris

seperti di postingan gue sebelumnya, gue pernah share tentang tips2 nulis beasiswa biar tembus buat univ2 dalam negri... and there you gooo... berikut ini adalah 2 essay gue yg tembus di universitas paramadina... *jadi beasiswa universitas paramadia itu ada 2 tahap, tahap pertama seleksi essay dari 1000 peserta seluruh indonesia, akan dipilih 150 essay/peserta untuk ikut tahap kedua yaitu tahap interview...dan berikut adalah kedua essay gue yg bikin gue lolos tahap interview beasiswa paramadia *pengumumannya sih belom, doain ja yaa* oia essay yang gue tulis dua duanya pake bahasa inggris *walaupun gak diwajibin dari pihak univ* tapi pake bahasa asing itu jadi nilai plus